ORARI menjadi Tuan Rumah Rapat BPBD DIY

Dalam rangka meningkatkan kemampuan radio komunikasi kebencanaan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Hari ini Rabu, 23 Juli 2019, BPBD DIY mengadakan Rakornis Klaster Komunikasi dengan tajuk "Membangun Mekanisme Koordinasi Penanggulangan Bencana di Daerah Istimewa Yogyakarta".

Kegiatan tersebut digelar di pendopo Rumah Bp. Dwi Hariyanto, SH (YB2XX) Anggota DPP ORARI Daerah D.I. Yogyakarta.

Acara pembukaan dimulai pukul 08.00 WIB dan dibuka oleh Manager Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Danang Samsu, dan Dihadiri peserta dari berbagai instansi terkait seperti TNI/Polri, BPBD, Rapi, Balmon dan ORARI.

Danang Samsu menjelaskan bahwa setiap tahun BPBD DIY kerap melakukan pelatihan kesiapsiagaan bencana agar masyarakat paham resiko dan langkah yang harus dilakukan saat bencana-bencana itu terjadi.

Menurut Bp. Anton Sutrisno (YB2UFO) Ketua ORARI Daerah D.I. Yogyakarta, dalam sambutannya mengatakan bahwa ORARI DIY akan selalu siap memberikan bantuan dukungan sistem komunikasi dalam penanganan penanggulangan bencana terutama diwilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebagai Narasumber dari ORARI Muhammad Ayyub YC2VCA) memaparkan pentingnya satu kesatuan dalam hal komunikasi pada saat bencana, beliau menjelaskan untuk komunikasi kebencanaan bisa memanfaatkan Pita Frekuensi Sekunder yang dimiliki oleh ORARI, sementara Drh, Lukas Budi Purwanto (YD2WPL) dan Ir. Rifqi Rizal (YB2XPF) menjelaskan tentang penggunaan ROIP (Radio Over Internet Protocol yaitu teknologi sistem radio yang menggunakan standar Voice over IP (VoIP) dan bekerja melalui perangkat lunak maupun keras, sebagai backup komunikasi pada saat bencana, dan beliau berdua mempraktekan ROIP tersebut didepan undangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel